Kamis, 27 Oktober 2011

senyum itu, tak kan pernah ku lupa



Hari ini aku jadi keinget sama pengalaman ku beberapa tahun yang lalu, waktu itu aku diajak jengukin Keiko anak temennya ayah sama ibu, yang emang sebelumnya aku pernah ketemu beberapa kali dan sempet main2 juga sama itu adek, jadinya aku mutusin buat ikut deh ke rumah doski

Nah pas sampe di rumah Keiko itu mulai deh ngobrol2 panjang lebar,  pas itu aku sempet bertanya2 guys, “ini Keiko sakit apa sih yah, keliatan sehat2 aja gini kok, dari tadi juga masih ketawa2 mulu, gak ada bedanya sama dulu?” baru deh waktu ayah2 dan ibu2 kita keluar kamar nah aku ngobrol2 deh sama si adek kecil,pertama2nya sih ya basa basi gitu deh sob “ Keiko gimana sekarang?udah baikan belom?”, adeknya bilang “ iya kak, udah mendingan kok”, nah trus iseng2 deh aku tanya “ oiya dek, kalo kakak boleh tanya nih sayang, Keiko tu sakit apa sih sebenernya?” , sambil senyum si adek jawab “ kanker kak”, duaaar, berasa disamber petir tengah hari bolong mamen, ini serius, bener2 kaget aku waktu itu, di otakku waktu itu bener2 berputar2 banyak pertanyaan dari mulai, hah anak sekecil ini udah sakit kanker?anak sekecil ini masih bisa keliatan baik2 aja kayak anak pada umumnya yg sehat wal afiat,ini beneran?Keiko yang aku kenal kena penyakin kanker?

Tapi belum sempet aku ngucapin apa2, tiba2 si adek bilang “kakak kaget ya liat aku yg kena sakit parah kayak gini tp kenapa aku keliatan sehat2 aja?katanya setengah berbisik ke aku, dan belom sempet juga aku jawab, si adek udah ngebisikin sesuatu ke telingaku “ psst, tp kakak jangan bilang2 ke siapa2 ya kak, aku gak mau papa sama mama jadi sedih ngeliat aku yang lagi sakit”….trus tiba2 aku nyeletuk tanya lagi deh “emang Keiko gak ngerasa sakit dek?” si adek bilang “ sakit sih kak, apa lagi kalo lagi terapi, badanku rasanya gak enak, tp kata mama kalo mau sembuh harus terapi, yaudah aku nurut mama aja kak” dia jawab dengan tetep senyum, senyuman khas anak2 yg masih sangat polos.. sumpah ya waktu itu rasanya kok aku bener2 merinding banget, rasanya pengen nangis, secara aku itu cengeng banget orangnya

“oiya,minggu kemaren Keiko habis periksa ke dokter lagi lo kak, dan kata mama aku baik2 aja, aku pasti bakal sembuh dalam waktu dekat, tp sebenernya aku tau lo kak kalo mama bohong sama aku, soalnya senin kemaren aku pernah gak sengaja liat mama tuh nangis waktu sholat, mama bilang kalo jangan sampe aku diambil dulu,tapi aku gak nyalaih mama sih kak,soalnya aku tau mama kayak gitu kan juga buat kebaikan aku, biar aku tetep semangat terapi dan bisa cepet sembuh kan kak?"

Waktu itu aku Cuma bisa manggut2 sambil nahan mau nangis, selama ini aku pikir hal kayak gini Cuma ada di sinetron2 sama di film2 doang, selama ini aku nganggep kalo itu semua tuh cuma hal yg di dramatisir doang, but now??aku bener2 liat hal yg nyata meen, what should I do huh?

“kak,nanti kalo aku ternyata gak bisa sembuh kira2 mama sama papa sedih gak ya kak liat aku meninggal?” sambil natap aku lekat2
“husst, kamu kok ngomong gitu sih dek?siapa sih yg gak sedih cantik, kalo kehilangan orang yang disayang?udah ahh, tanyanya jangan ngaco deh yah?sekarang kamu itu harus banyak2 istirahat, gak boleh capek2, gak boleh bandel?kalo Keiko capek2 lagi, nanti kakak gak mau ahh maen2 ke rumah Keiko lagi?” sambil sedikit bercanda aku nyoba buat gak terlalu larut sama rasa sedihku.


Waktu itu hal yang aku pikir cuma gimana perasaan seorang anak 8 tahun yg tau kalo dia sakit parah, dan gimana bisa anak sekecil itu udah ngerti apa yang namanya pengorbanan, nahan rasa sakit, dan masih sempet2nya mikirin perasaan orang lain disaat harusnya dia mikir hidup dia sendiri, semakin banyak aku tanya sama diriku sendiri, jadi makin bikin aku pengen nangis waktu itu.

Disitu aku ngobrol panjang lebar sama dia, sempet maen2 boneka teddy bear coklat kesayangannya juga, dan entah kenapa waktu itu kok rasanya aku jadi pengen lama2 maen sama Keiko, sampe waktu diajakin pulang pun aku selalu bilang “bentar lagi deh ya yah?”, tp aku mikir, mungkin gara2 aku tau keadaan doski kali yah makanya aku jadi sedih mau pulang……..

Tapi ternyta hari itu jadi hari terakhir aku buat ngeliat Keiko, soalnya seminggu setelah itu dia dipanggil sama Yang Maha Kuasa dengan usia yang masih sangat muda, 8 tahun meeen?bisa kalian banyangin kan, anak sekecil itu harus dipanggil dalam keadaan sakit parah?


Well, semenjak itu aku jadi lebih bisa memaknai hidup aku, seenggaknya aku selalu nyoba buat bisa ngebahagiain orang2 disekitar ku selama aku mampu dan selama aku masih punya waktu, karena yah siapa sih yang tau kapan kita bakal nyusul Keiko?

Tapi satu hal yang paling aku salutin dari Keiko adalah semangat dia buat sembuh, pengorbanan dia nahan rasa sakit selama ini dan ngegantiin itu sama senyuman, kalian bayangin aja deh, terpi kanker buat anak umur 8 tahun itu sakitnya macem apa?tapi dia masih bisa2nya senyum buat nguatin orang2 yang dia sayang, dia yang lagi sakit aja bisa kayak gitu, so kita pasti bisa ngelakuin yang lebih kan ya? J

emm, buat Keiko “ kakak tau sekarang Keiko pasti udah ngerasa lebih nyaman kan ya dek disana? Keiko udah gak pernah ngerasa sakit lagi?kakak gak pernah mungkin bisa lupa sama senyum terakhir waktu kita maen di kamar Keiko, jujur setiap inget Keiko, kakak pasti pengen nangis, tp kakak tau kok kalo Keiko pasti gak bakal suka kan kalo kakak kayak gitu? kakak janji deh sama Keiko,kakak gak bakal cengeng lagi ya sayang, kamu baik2 disana, gak boleh bandel lagi ya, sekali lagi kakak mau bilang ke Keiko, senyum itu, sampai kapan pun kakak gak akan pernah lupa”

END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar